Ayo, Mari Menabung Emas bersama PT. Pegadaian (Persero)

11 September 2017 16:55:51 WIB
Ayo, Mari Menabung Emas bersama PT. Pegadaian (Persero)

Medan,

Wakil Gubernur Sumatera Utara Dr. Hj. Nurhajizah Marpaung, S.H., M.H membuka acara Temu Konsultasi BAKOHUMAS Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Utara yang bekerjasama dengan PT. Pegadaian (Persero) Kanwil I Medan dengan Tema “Mari Menabung Dengan Emas” yang diselenggarakan di Hotel Madani Medan, Senin (11/09).

Kegiatan temu Bakohumas di Sumut ini sangat positif dilakukan, sekaligus Pegadaian bisa bertemu dengan masyarakat. Sebagai BUMN, Pegadaian mempunyai misi sebagai lembaga yang ikut membantu pemerintah di tengah masyarakat.

Pegadaian Wilayah I Medan meliputi Sumut dan Aceh, ada 291 outlet. Tahun 2015, Tabungan Emas dilaunching di Jawa Barat oleh Bapak Presiden RI Joko Widodo. Setelah dua tahun berjalan, lebih 1 juta orang ikut menabung.  

Wagubsu menyarankan mulai sekarang marilah menabung. Bagaimana keuntungan menabung dengan emas dan lewat saham. "Tidak harus orang yang punya uang untuk menabung. Jadi alangkah baiknya mulai sekarang gemar menabung, ini untuk kita dan diri kita," jelasnya.

Disamping menabung dengan emas, Wagubsu juga memaparkan bagaimana membangun Sumut dengan potensi yang ada. Sumut terluas dibanding kota metropolitan yang ada, namun APBDnya lebih dibanding daerah metropolitan lain seperti Jakarta dan Surabaya.

Pimpinan Wilayah I PT Pegadaian (Persero) Medan Nasruddin Dali mengatakan, penabung emas di Sumut sampai sekarang sebanyak
742 orang, membukukan out standing loan kredit tabungan emas konvensional sampai Agustus 2017 sebesar Rp1,037 miliar. Sedangkan omset tabungan emas yang telah disalurkan sampai Agustus 2017 mencapai Rp2,198 miliar untuk 1.052 orang. "Minat investasi di program Tabungan Emas Pegadaian meningkat pesat," jelasnya.

Beliau juga menjelaskan untuk produk emas batangan konvensional out standing loan sebesar Rp14,022 miliar dengan jumlah nasabah sebanyak 2.988 orang. Sedangkan, omset untuk produk emas batangan sebesar Rp27,884 miliar dengan jumlah nasabah sebanyak 4.396 orang.

Untuk out standing loan tabungan emas syariah membukukan Rp202,478 juta dengan jumlah nasabah sebanyak 137 orang. Omset tabungan emas yang telah disalurkan sampai Agustus 2017 Rp321,994 juta untuk 179 orang. Produk Emas batangan syariah sebesar Rp4,136 miliar dengan jumlah nasabah sebanyak 671 orang.

Limit waktu dalam penetapan dan harga tergantung harga pasar sedangkan cicilan bebas, minimal 0,01 gram dikonversi dengan rupiah. Untuk kredit Tabungan Emas, DP nya variatif mulai dari Rp5.000 sampai Rp10 juta.

Kepala Dinas Kominfo Provsu Drs. H. MHD. Fitriyus, SH, MSP mengatakan kegiatan pertemuan konsultasi Bakohumas Provsu dengan PT. Pegadaian (Persero) Wilayah I Medan perlu direspon positif. Sebenarnya pertemuan Bakohumas rutin digelar tiap tahun yang dihadiri Korum Bakohumas Provsu dan kabupaten/kota.

Acara ini dihadiri Instansi-instansi terkait Kabupaten/Kota, Para kehumasan, TNI/Polri. (LIP)

Berita Terkait


Indeks Berita

Polling

Apakah Dinas Komunikasi dan Informatika telah cukup memberikan informasi kepada publik
 Lumayan
 Kurang
 Sangat Bagus

Video

Kadis Kominfo Provsu Pimpin Upacara Bulanan Setiap Tanggal 17

Tag

Statistik

Hari Ini : 32
Kemarin : 117
Minggu ini : 32
Bulan ini : 38,899
Total : 2,098,467
Hits Count : 460
Now Online : 6 User