Temui Para Eks Penderita Kusta, Sabrina Harapkan Tetap Jaga Kesehatan

17 Juni 2020 12:07:23 WIB
Temui Para Eks Penderita Kusta, Sabrina Harapkan Tetap Jaga Kesehatan

MEDAN

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumatera Utara (Sumut) R Sabrina mengunjungi para eks penderita kusta di Sicanang Belawan Medan, Selasa (16/6). Selain untuk memastikan kondisi kesehatan mereka, Sabrina juga ingin mendengar langsung aspirasi dari para eks penderita kusta

“Harapan mereka kita simak dan sahuti, selanjutnya kita berusaha mewujudkannya. Karena semua masyarakat kita harus diberi kesejahteraan, itulah kita datang untuk mengetahui kondisi ini secara pasti. Kondisi mereka ini kita harus tahu untuk selanjutnya dimasukan ke dalam perencanaan dan penganggaran ke depan,” kata Sabrina, usai menemui masyarakat eks penderita kusta di UPT Dinas Sosial Sicanang, Belawan, Medan.

Saat ini, kata Sabrina, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut rutin memberikan bantuan pangan kepada warga eks penderita kusta. Bantuan pangan tersebut berupa sayur-sayuran dan sembako. “Untuk kebutuhan dasar mereka sudah terpenuhi, seperti pangan, sandang, papan mereka ada. Tapi untuk kesehatan dan pendidikan yang kurang,” kata Sabrina.

Sabrina juga mengharapkan agar masyarakat di kelurahan tersebut tetap menjaga kesehatan, terutama di tengah pandemi ini, serta terus menjaga protokol kesehatan. “Jaga kesehatan ya bapak-bapak, ibu-ibu. Pastikan jalankan protokol kesehatannya agar tidak tertular corona virus,” kata Sabrina.

Kepala Dinas Sosial Sumut Rajali mengatakan di kelurahan tersebut saat ini ada 125 eks penderita kusta. Pemprov Sumut rutin setiap minggu memberikan bantuan pangan kepada masyarakat tersebut. “Inilah kita meninjau saudara kita di sini. Mereka sudah sembuh, namun masih memerlukan pengobatan rutin,” kata Rajali.

Sementara itu, Acong salah satu eks penderita kusta mengharapkan agar diadakan pengobatan gratis secara rutin. Menurutnya saat ini dirinya membutuhkan pengobatan gratis, sehingga penyakit tersebut tidak datang kembali. “Kami perlu obat-obatan, karena itu kami harapkan ada pengobatan gratis rutin di sini,” kata Acong.

Selain itu, Sabrina juga meninjau fasilitas dan menemui ASN di Unit Pelayanan Terpadu Pelayanan Sosial Eks Kusta Dinas Sosial Sicanang Belawan, Medan.

Berita Terkait

Indeks Berita

Polling

Apakah Dinas Komunikasi dan Informatika telah cukup memberikan informasi kepada publik
 Lumayan
 Kurang
 Sangat Bagus

Video

Selamat Idul Adha 1441 Hijriah

Tag

Statistik

Hari Ini : 466
Kemarin : 438
Minggu ini : 467
Bulan ini : 90,355
Total : 5,099,602
Hits Count : 3,356
Now Online : 6 User