Ini Bukti Covid-19 Bisa Disembuhkan

21 April 2020 22:26:08 WIB
Ini Bukti Covid-19 Bisa Disembuhkan

MEDAN

Dengan bertambahnya 8 orang pasien Covid-19 yang sembuh, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan (GTPP) Covid-19 Sumatera Utara (Sumut) Whiko Irwan mengatakan bahwa hal tersebut menjadi bukti bahwa Covid-19 bisa disembuhkan.

Hal tersebut disampaikan saat memberikan keterangan pers Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumut di Media Center GTPP Covid-19, Kantor Gubernur Sumut Jalan Diponegoro no 30 Medan, Selasa (21/4).

“Hari ini kita bergembira, ada kenaikan drastis pasien Covid-19 yang telah dinyatakan sembuh dari hari sebelumnya. Ada 8 tambahan yang sembuh berasal dari rumah sakit (RS) Martha Friska, RS GL Tobing dan RS Elisabeth. Total yang sembuh menjadi 21 orang, ini menjadi bukti walau penyakit ini berbahaya namun bisa disembuhkan,”ujarnya.

Whiko menambahkan, bahwa sebelum dipulangkan pasien positif harus menjalani dua kali Swab PCR. “Penderita Covid-19 yang sembuh pun telah dilakukan perawatan dan kemudian akan dilakukan Swab PCR sebanyak dua kali berturut turut, agar memastikan pasien benar-benar sembuh dan dinyatakan negatif, barulah pasien ini bisa dikembalikan ke masyarakat seperti sedia kala,” terangnya.

Whiko juga menegaskan kembali agar pasien Covid-19 positif yang meninggal dunia harus segera dimakamkan. “Jenazah pasien Covid-19 harus segera dimakamkan, paling lama dalam batas waktu 4 jam setelah meninggal dunia. Jika ada keluarga yang ingin melihat jenazah, harus menggunakan APD sebelum jenazah dimasukan dalam kantong jenazah yang sesuai dengan standar protokol,” ujarnya.

Whiko juga berharap agar keluarga korban dapat mengisolasi diri secara mandiri. “Untuk keluarga dari jenazah pasien Covid-19 agar dapat mengisolasi diri secara mandiri. Dan bagi masyarakat sekitar agar dapat memberikan dukungan pada keluarga pasien,” tambahnya.

Bagi kelurga pasien Covid-19 yang meninggal dianjurkan untuk segera melakukan pemeriksaan. “Pemeriksaan rapid test bisa dilakukan bagi keluarga pasien yang meninggal akibat Covid-19 setelah tujuh hari masa kontak dengan pasien. Jika hasil rapid test positif maka akan dilanjutkan dengan pemeriksaan Swab PCR,” terangnya.

Adapun update data pasien yang terpapar Covid-19 per tanggal 21 April 2020 di Sumut hingga pukul 17.00 Wib yakni pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 145 orang, positif dengan metode Polymerase Chain Reaction (PCR) sebanyak 84 orang, positif dengan metode Rapid Test sebanyak 21 orang, sembuh 21 orang dan meninggal 10 orang.

Whiko juga mengucapkan terima kasih kepada para donatur yang telah menyumbangkan bantuan kepada tim Satuan Gugus Tugas Covid 19 di Sumut untuk percepatan penanganan. “Terima kasih kepada para donatur, sampai hari ini terkumpul dana sebesar Rp 387.978.490,” ujarnya.

Sumber : Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu

Berita Terkait

Indeks Berita

Polling

Apakah Dinas Komunikasi dan Informatika telah cukup memberikan informasi kepada publik
 Lumayan
 Kurang
 Sangat Bagus

Video

Selamat Idul Adha 1441 Hijriah

Tag

Statistik

Hari Ini : 470
Kemarin : 438
Minggu ini : 471
Bulan ini : 90,359
Total : 5,099,860
Hits Count : 3,614
Now Online : 16 User