Gubernur Edy Harap Medis dan Pasien Sehat

21 April 2020 19:33:29 WIB
Gubernur Edy Harap Medis dan Pasien Sehat

DAIRI

Kunjungan Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sidikalang, Dairi, Selasa (21/4) disambut hangat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dairi bersama pihak rumah sakit (RS). Kepada petugas kesehatan disampaikan agar menjalankan protokol penanganan Covid-19 dengan benar, sehingga tenaga medis dan pasien bisa sama-sama sehat.

Kehadiran Gubernur ke fasilitas rujukan pasien Covid-19 Sidikalang adalah untuk memeriksa seluruh sarana yang ada di RS tersebut. Hal itu untuk memastikan kesiapan penanganan Covid-19 oleh Tim Gugus Tugas Covid-19 Dairi, dimulai dari ruang instalasi gawat darurat (IGD) hingga ruang isolasi khusus Covid-19 (ruang VIP). Termasuk juga melihat sejauh mana standar penanganan oleh petugas di sana.

Edy Rahmayadi pun menyapa para petugas kesehatan di RSUD Sidikalang sekaligus menyampaikan bahwa dirinya tidak ingin ada tenaga medis menjadi korban karena bekerja merawat pasien terindikasi terpapar Covid-19. “Lakukan protokol penanganan Covid-19 yang sesuai dengan standar kesehatan yang dianjurkan oleh Gugus Tugas sehingga kita semua sama-sama sehat, baik medis dan pasien,” ujarnya.

Selain mengingatkan pentingnya menjalankan protokol kesehatan standar Covid-19, Gubernur didampingi Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu juga memberikan panduan khusus dan langsung kepada petugas RSUD Sidikalang dengan cara membuat simulasi penanganan pasien terpapar Covid-19.

Edy menjelaskan bahwa beberapa tahapan penanganan pasien harus dilakukan sesuai standar. Seperti identifikasi singkat melalui pemeriksaan gejala yang dialami pasien, melakukan rapid test jika memang teridentifikasi sampai memastikan keamanan diri menggunakan alat pelindung diri (APD) yang sesuai peruntukannya bagi para petugas kesehatan.

Atas kesiapan para medis, Gubernur memberikan apresiasi kepada pihak RS. Di antaranya ruang isolasi bertekanan negatif dilengkapi ventilator. Begitu juga posisinya terpisah dengan ruang IGD, sehingga jalur evakuasi juga berbeda dengan kondisi kesigapan petugas menggunakan APD yang memadai.

“APD yang dipakai harus sesuai standar Kementerian Kesehatan RI. Terkait APD di seluruh Indonesia terbatas, kerena itu diharapkan untuk memakai APD dengan cara bijak dan sesuai kebutuhan,” pesan Edy.

Sementara Direktur RSUD Sidikalang Sugito Panjaitan menyampaikan apresiasi atas kunjungan Gubernur Sumut yang juga sebagai Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19. Hal ini menjadi motivasi baru bagi pihaknya dan seluruh petugas di RS itu. Apalagi dokter sebagai garda terdepan dalam menghadapi wabah yang saat ini melanda dunia.

“Dengan kedatangan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi bersama Bupati Eddy Berutu semakin meyakinkan kami para petugas rumah sakit dan seluruh paramedis bahwa kami tidak bekerja sendiri dan mendapatkan dukungan penuh dari seluruh pimpinan serta dukungan dari segenap masyarakat khusunya warga Dairi,” ujar Sugito.

Sugito menambahkan, setelah kunjungan Gubernur Sumut yang secara khusus datang ke tempatnya, ia akan mengarahkan jajarannya baik itu pihak manajemen dan para medis agar memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik kepada masyarakat Dairi di tengah penanganan Covid-19.

Sumber : Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu

Berita Terkait

Indeks Berita

Polling

Apakah Dinas Komunikasi dan Informatika telah cukup memberikan informasi kepada publik
 Lumayan
 Kurang
 Sangat Bagus

Video

Fasilitas Cuci Tangan dari USAID untuk Masyarakat Medan

Tag

Statistik

Hari Ini : 58
Kemarin : 500
Minggu ini : 1,537
Bulan ini : 91,425
Total : 5,107,597
Hits Count : 463
Now Online : 5 User