Resmikan Laboratorium PCR di RS USU, Gubsu Edy: Ini Mempersingkat Waktu

17 April 2020 17:33:11 WIB
Resmikan Laboratorium PCR di RS USU, Gubsu Edy: Ini Mempersingkat Waktu

MEDAN

Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi meresmikan laboratorium untuk melakukan uji polymerase chain reaction (PCR) di Rumah Sakit Universitas Sumatera Utara (USU). Edy mengatakan saat ini laboratorium di RS USU bisa menangani 40 pasien.

Edy datang ke RS USU, Jalan Dr Mansyur, Medan, Jumat (17/4/2020). Dia terlihat datang bersama Ketua DPRD Sumut, Baskami Ginting dan didampingi Rektor USU Runtung Sitepu.

"Selama ini kita menggunakan rapid test, dua kali rapid test. Baik itu PDP yang ada tanda tanda terkena virus maupun yang tidak. Pada hari ini, real time PCR yang kita resmikan pagi ini, mulai kita buka walaupun lab kita sudah menangani 40 pasien," ujar Edy.

Dia berharap laboratorium RS USU bisa mempersingkat waktu uji PCR. Menurut Edy, semakin cepat hasil tes PCR diketahui, makin cepat seorang yang dinyatakan positif virus Corona bisa diisolasi.

"Hari ini kita buka berarti sudah bisa kita umumkan kondisi orang yang kita cek. Satu satunya di Sumut di RS USU ini. Sehingga ada kejelasan, ini kan kita ambil singkat waktu. Apabila dinyatakan ini positif, dia akan kita isolasi," jelasnya.

Rektor USU Runtung Sitepu mengatakan tes Corona di RS ini akan dilakukan secara gratis. Menurutnya, hasil pemeriksaan bisa diketahui dalam waktu 24 jam.

"Mulai setelah salat Jumat ini, 40 ini kita akan kita uji. 24 jam hasilnya dapat kita beritahukan," kata Runtung.

Runtung juga mengatakan alat untuk menguji sampel pasien diduga corona yang ada di RS USU bakal terus ditambah. Dia berharap laboratorium di RS USU bisa menguji hingga 120 sampel.


Berita Terkait

Indeks Berita

Polling

Apakah Dinas Komunikasi dan Informatika telah cukup memberikan informasi kepada publik
 Lumayan
 Kurang
 Sangat Bagus

Video

Selamat Idul Adha 1441 Hijriah

Tag

Statistik

Hari Ini : 465
Kemarin : 438
Minggu ini : 466
Bulan ini : 90,354
Total : 5,099,564
Hits Count : 3,318
Now Online : 7 User