Proteksi Sektor Pangan Diperlukan Hadapi Covid-19

14 April 2020 23:48:56 WIB
Proteksi Sektor Pangan Diperlukan Hadapi Covid-19

MEDAN

Pandemi Covid-19 yang saat ini melanda berbagai negara menyebabkan kepanikan dan terpuruknya sektor perekonomian. Di tengah kondisi ini, proteksi terhadap sektor pangan harus menjadi prioritas.

Hal ini disampaikan Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Sumatera Utara (Sumut) Ivan Iskandar Batubara dalam konferensi pers secara live, Selasa (14/4), di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumut Kantor Gubernur Jalan Diponegoro No 30 Medan.

Situasi saat ini bisa kita sebut dengan istilah The New Normal, artinya kita tidak bisa menggunakan cara-cara berpikir lama dalam memandang kondisi saat ini. Bukan hanya negara kita, seluruh negara juga kebingungan menghadapi situasi ini. Salah satu solusi terbaik yang bisa dilakukan pemerintah adalah proteksi sektor pangan, ujarnya.

Salah satu caranya, jelas Ivan, memastikan baik produksi maupun distribusi bisa berjalan dengan lancar. Termasuk didalamnya memastikan ketersediaan pupuk tercukupi, memastikan tidak ada penimbunan komoditas pangan, mengawal sentra-sentra pangan, sosialisasi perlindungan kesehatan bagi para petani, nelayan dan lainnya. Karena bagaimana pun pangan adalah sumber kekuatan kita, tutur Ivan.

Lebih lanjut, Ivan menyampaikan bahwa para pengusaha merupakan salah satu kelompok yang terpukul menghadapi situasi Covid-19. Namun, ia menyampaikan agar tetap berpikiran positif dan mencari solusi-solusi yang baik. Salah satunya, ucap Ivan, menghindari pilihan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Saat ini tidak ada opsi terbaik, tapi ada yang baik. Hindari opsi PHK, sebagai alternatif mungkin bisa kita lakukan pengurangan insentif karyawan, jelasnya.

Opsi lain yang bisa lakukan untuk pabrik agar tetap bisa berproduksi, kata Ivan, adalah dengan menyediakan akomodasi bagi karyawan, tentunya yang sesuai protokol kesehatan penanganan Covid-19 di sekitar pabrik. Hal ini untuk meminimalkan mobilitas para karyawan dan mencegah kemungkinan terpapar Covid-19.

Keringanan bagi para pengusaha dalam menghadapi Covid-19, disampaikan Ivan diantaranya pengurangan margin bunga bank serta rescheduling pembayaran kredit. Terakhir, Ivan berpesan agar seluruh pihak senantiasa mendukung imbauan dan arahan pemerintah khususnya dalam memutus rantai penyebaran Covid-19, sehingga sesegera mungkin Sumut bisa keluar dari situasi sulit saat ini.

Sumber : Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu

Berita Terkait

Indeks Berita

Polling

Apakah Dinas Komunikasi dan Informatika telah cukup memberikan informasi kepada publik
 Lumayan
 Kurang
 Sangat Bagus

Video

Selamat Idul Adha 1441 Hijriah

Tag

Statistik

Hari Ini : 466
Kemarin : 438
Minggu ini : 467
Bulan ini : 90,355
Total : 5,099,593
Hits Count : 3,347
Now Online : 5 User