Sumut Terima Bantuan 5.000 Masker dari Konjen China

10 April 2020 19:00:11 WIB
Sumut Terima Bantuan 5.000 Masker dari Konjen China

MEDAN

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) menerima bantuan masker 5.000 unit dari Konsul Jenderal (Konjen) Republik Rakyat China di Medan Qiu Wei Wei. Bantuan ini diharapkan dapat membantu percepatan penangangan Covid-19 Sumut.

Bantuan tersebut diterima oleh Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumut R Sabrina selaku Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penangangan Covid-19 Sumut, Jumat (10/4) di Pendopo Rumah Dinas Gubenur Sumut, Jalan Sudirman Nomor 41 Medan.

Menurut Sabrina bantuan ini merupakan bentuk kepedulian dan kerja sama rakyat dan Pemerintah China pada Sumut dalam menanggulangi Covid-19. Sabrina pun mengucapkan terima kasih atas bantuan tersebut, seraya menyampaikan kerja sama ini menjadi penyemangat dalam menanggulangi Covid-19.

Kita mengucapkan terima kasih pada rakyat dan Pemerintah Republik Rakyat China. Kita melihat suatu bentuk kerja sama negara ini merupakan kerja sama yang baik dalam hal kemanusiaan, tidak hanya di bidang ekonomi, katanya.

Sementara itu, Konsul Jenderal Republik Rakyat China di Medan Qiu Wei Wei mengatakan, optimis Pemerintah Indonesia khususnya Pemerinatah Provinsi Sumut dapat mengatasi wabah Covid-19. Ia berharap dapat terjalinnya komunikasi yang baik antar kedua pemerintah agar dapat bersama-sama menghadapi Covid-19.

Kami yakin Pemerintah Indonesia bisa, khususnya Sumut dapat mengatasi ini. Saya harap kita terus berkomunikasi ke depannya. Kita akan bersama-sama menghadai Covid-19 karena saya juga tinggal di Medan, ucap Qiu Wei Wei.

Menurutnya, pada tanggal 28 Maret 2020, Presiden Jokowi sudah berkomunikasi dengan Presiden China Xi Jinping. Dalam komunikasi tersebut Xi Jinping mengucapkan rasa simpati dan yakin Indonesia mampu mengatasi wabah tersebut.

Qiu Wei Wei juga mengatakan Pemerintah China juga telah membagikan buku pada Pemerintah Indonesia yang isinya bagaimana pengalaman Pemerintah China menghadapi wabah Covid-19 ini kepada Pemerintah Indonesia.

Donasi

Untuk percepatan penanganan pandemi Covid-19, Gugus Tugas membuka rekening donasi Sumut Peduli Covid-19 melalui rekening Bank Sumut dengan nomor rekening 10001027777777. Donasi yang masuk ke rekening tersebut nantinya akan digunakan untuk memenuhi segala kebutuhan penanganan Covid-19 di Sumut. Hingga saat ini (10/4), total donasi yang telah dikumpulkan sebesar Rp 371 juta.

Donasi telah diberikan oleh berbagai instansi pemerintahan, pihak swasta, asing, para tokoh masyarakat dan masyarakat secara umum. Salah satunya dari Haji Anif Shah yang merupakan tokoh masyarakat Sumatera Utara yang menyumbang dana Rp100 juta ke rekening Sumut Peduli Covid-19.

Seluruh donasi yang telah terkumpul akan digunakan untuk memenuhi segala kebutuhan penanganan Covid-19 di Sumut. Kepada para donatur, yang telah mendonasikan uangnya kami ucapkan terima kasih, ujar Jubir Gugus Tugas COVID-19 Sumut Whiko Irwan.

Sumber : Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu

Berita Terkait

Indeks Berita

Polling

Apakah Dinas Komunikasi dan Informatika telah cukup memberikan informasi kepada publik
 Lumayan
 Kurang
 Sangat Bagus

Video

Selamat Idul Adha 1441 Hijriah

Tag

Statistik

Hari Ini : 465
Kemarin : 438
Minggu ini : 466
Bulan ini : 90,354
Total : 5,099,568
Hits Count : 3,322
Now Online : 8 User