Kawasan Danau Toba Menjadi Destinasi Wisata Super Prioritas Dunia

12 Maret 2020 21:55:07 WIB
Kawasan Danau Toba Menjadi Destinasi Wisata Super Prioritas Dunia

TOBA

Dalam rangka Kedatangan Raja Belanda Williem Alexander dan Ratu Maxima beserta rombongan, Kamis (12/03/2020) di Desa Lintong Ni Huta, Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba Provinsi Sumatera Utara.

Sebelumnya Raja dan Ratu Belanda beserta rombongan disambut langsung oleh Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi di Bandara Silangit Kabupaten Tapanuli Utara.

Dalam kunjungannya, Raja dan Ratu negara kincir angin ini beserta rombongannya para menteri dan investor - investor serta insan pers dari negara belanda melihat langsung dari dekat aktivitas masyarakat desa adat Siambat Dalan beserta tujuh rumah adat yang masih dipergunakan sebagai tempat tinggal oleh masyarakat.

Disambut oleh Bupati Toba diawali dengan berupa tari-tarian adat yang dibawakan pemuda-pemudi desa diiringi Gondang Batak dan juga acara pengulosan (pemberian ulos) yang disaksikan langsung ratusan masyarakat desa.

Pada kesempatan itu juga Raja dan Ratu beserta rombongan menyempatkan diri berdialog dan bercengkrama bersama Kepala Suku dan tokoh - tokoh adat setempat serta masyarakat sekitar lokasi tersebut.

Raja dan Ratu pada saat itu juga meninjau lokasi Bukit Singgolom Hill yang berjarak 300 meter dari lokasi yang kiri dan kanannya terhampar keelokan Danau Toba.

Kunjungan ini merupakan kedekatan dan luasnya hubungan antara kedua negara dengan tema kerja sama masa depan di bidang agrikultur, layanan kesehatan, teknologi perlindungan garis pantai dan maritim, teknologi pengolahan air.

Berharap nantinya dari hasil lawatan Raja William dan Ratu Maximma membawa manfaat bagi pengembangan kawasan Danau Toba untuk pengembangan ilmu pengetahuan khususnya teknologi pengolahan air dan promo potensi wisatanya.

Kemudian kunjungan dilanjutkan ke Institut Teknologi Del di Kabupaten Samosir dengan agenda transfer ilmu pengetahuan dalam kegiatan seminar di Sekolah Unggul DEL Toba Samosir.

Kegiatan berbagi ilmu tentang pengelolaan air dapat membantu pemerintah dalam memanfaatkan air Danau Toba untuk masyarakat. Seperti diketahui, Belanda memiliki pengalaman mengelola air bersih untuk kebutuhan penduduknya.

Kemudian kunjungan dilanjutkan ke Silih Malombu Kabupaten Samosir. Setelah itu Raja dan Ratu Belanda akan beristirahat sejenak di Inna Parapat Hotel sebelum bergerak ke Bandara Internasional Kualanamu, Deli Serdang.

Hadir pada kunjungan ini Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Parekraf Wisnu Utama, Bupati Toba Darwin Siagian beseta Jajaran ASN Pemkab Toba.

Berita Terkait

Indeks Berita

Polling

Apakah Dinas Komunikasi dan Informatika telah cukup memberikan informasi kepada publik
 Lumayan
 Kurang
 Sangat Bagus

Video

Fasilitas Cuci Tangan dari USAID untuk Masyarakat Medan

Tag

Statistik

Hari Ini : 482
Kemarin : 481
Minggu ini : 1,462
Bulan ini : 91,350
Total : 5,106,932
Hits Count : 3,411
Now Online : 5 User