Gubsu Ajak OPD Provsu Hasilkan Tenaga Kerja yang Berdaya Saing

09 Maret 2020 12:15:27 WIB
Gubsu Ajak OPD Provsu Hasilkan Tenaga Kerja yang Berdaya Saing

MEDAN

Pembangunan bidang ketenagakerjaan merupakan pembangunan yang bersifat multi dimensi melibatkan banyak pihak dan menyangkut aspek sosial, ekonomi, hukum termasuk budaya, maka saya mengajak semua pihak baik Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Sumatera Utara (Provsu) terkait, maupun kalangan swasta untuk memberikan perhatian agar menghasilkan tenaga kerja yang unggul dan berdaya saing untuk mewujudkan Sumatera Utara bermartabat.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) H. Edy Rahmayadi dalam pidatonya yang disampaikan oleh Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Provsu H. M. Ayub, SE pada apel pagi di halaman kantor Dinas Kominfo Provsu diikuti seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN), Tenaga Pendukung serta Siswa/i PKL, Senin (09/03).

Sesuai pasal 27 ayat 2 Undang-Undang Dasar Tahun 1945 mengamanatkan bahwa tiap-tiap warga Negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan. Ketentuan ini mengisyaratkan agar setiap warga Negara mendapatkan pekerjaan untuk dapat hidup layak, tambahnya.

Upaya pembangunan ketenagakerjaan untuk mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) angkatan kerja yang handal dan professional di dunia kerja untuk selanjutnya diharapkan mampu menggerakkan roda perekonomian daerah menuju perekonomian daerah yang produktif dan berdaya saing, lanjutnya.

Untuk mewujudkan SDM unggul, Indonesia Pemerintah berupaya melaksanakan dari aspek ketenagakerjaan melalui program peningkatan kompetensi tenaga kerja dan produktivitas, program penempatan dan pemberdayaan tenaga kerja, program pengembangan hubungan industrial dan peningkatan jaminan sosial tenaga kerja dan program perlindungan tenaga kerja dan pengembangan sistem pengawasan ketenagakerjaan.

Lebih lanjut dikatakan, dalam peningkatan SDM kualitas perlunya pemahaman Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) yang komprehensif bagi SDM di perusahaan guna memastikan pekerjaan-pekerjaan beresiko dapat dilakukan secara aman dalam penerapan K3 pada revolusi Industri 4.0 untuk menghadapi banyak tantangan salah satunya kesiapan tenaga kerja. (IP)

Berita Terkait

Indeks Berita

Polling

Apakah Dinas Komunikasi dan Informatika telah cukup memberikan informasi kepada publik
 Lumayan
 Kurang
 Sangat Bagus

Video

Fasilitas Cuci Tangan dari USAID untuk Masyarakat Medan

Tag

Statistik

Hari Ini : 10
Kemarin : 500
Minggu ini : 1,489
Bulan ini : 91,377
Total : 5,107,165
Hits Count : 31
Now Online : 10 User