Sektor Agraris jadi Motor Penggerak Pembangunan di Provsu

24 Februari 2020 14:46:33 WIB
Sektor Agraris jadi Motor Penggerak Pembangunan di Provsu

MEDAN

Kemampuan Sumatera Utara dalam mempertahankan kondisi ketersediaan pangan strategis yang merupakan kebutuhan pokok konsumsi masyarakat menjadi indikator keberhasilan ketahanan pangan sebagai prasyarat utama tercapainya keamanan/ketahanan ekonomi maupun politik. Oleh karena itu, sektor agraris menjadi motor penggerak pembangunan di Provinsi Sumatera Utara.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) H. Edy Rahmayadi dalam pidatonya yang disampaikan oleh Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Utara H. M. Ayub, SE pada apel pagi di halaman kantor Dinas Kominfo Provsu diikuti seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN), Tenaga Pendukung serta Siswa/i PKL, Senin (24/02).

Memasuki Triwulan pertama Tahun 2020 ini, diproyeksikan bahwa kondisi ketersediaan pangan Sumatera Utara mampu memenuhi kebutuhan pangan masyarakat. Hal ini dapat dilihat dari ketersediaan pangan sepanjang Tahun 2019, ujarnya.

Adapun Komoditi pangan yang mengalami Surplus dari produksi dalam daerah antara lain beras, jagung, cabai merah, daging ayam dan telur ayam, bahkan surplus telur ayam di Sumatera Utara dapat membantu kebutuhan telur ayam di Provinsi lain seperti Aceh, Riau dan Sumatera Barat. Sementara komoditi pangan strategis lainnya seperti kedelai, bawang merah dan daging sapi/kerbau masih mengalami defisit, tambahnya.

Lebih lanjut dikatakan, untuk menjaga kestabilan kondisi ketersediaan pangan Sumatera Utara maka Tahun 2020 ini koordinasi lintas sektor terkait urusan pangan harus lebih ditingkatkan. Untuk itu, Gubsu berharap dalam penerapan dan terlaksananya regulasi tersebut, agar seluruh Dinas Kabupaten/Kota yang menangani ketahanan pangan dan peternakan, seluruh Organisasi Perangkat Daerah Provsu dan stakeholder ketahanan pangan dan peternakan dapat berkoordinasi dan bersinergi dalam pembangunan ketahanan pangan dan peternakan. (IP)

Berita Terkait

Indeks Berita

Polling

Apakah Dinas Komunikasi dan Informatika telah cukup memberikan informasi kepada publik
 Lumayan
 Kurang
 Sangat Bagus

Video

Fasilitas Cuci Tangan dari USAID untuk Masyarakat Medan

Tag

Statistik

Hari Ini : 494
Kemarin : 481
Minggu ini : 1,474
Bulan ini : 91,362
Total : 5,107,030
Hits Count : 3,509
Now Online : 11 User