SAKIP Tetapkan Sasaran Strategis Pada Instansi Pemerintah

17 Februari 2020 16:27:59 WIB
SAKIP Tetapkan Sasaran Strategis Pada Instansi Pemerintah

MEDAN

Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai pelaksana Birokrasi Pemerintahan dituntut hadir memberikan layanan yang terbaik kepada masyarakat, sehingga Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Sumatera Utara (Provsu) dapat mewujudkan Pemerintahan yang bersih, adil serta tatakelola terpercaya. Salah satu untuk mewujudkan hal tersebut adalah melalui penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) oleh seluruh OPD Provsu. Hal tersebut disampaikan Gubernur Sumatera Utara H. Edy Rahmayadi dalam pidatonya yang disampaikan oleh Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Utara H. M. Ayub, SE pada upacara hari Kesadaran Nasional di halaman kantor Dinas Kominfo Provsu diikuti seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN), Tenaga Pendukung serta Siswa/i PKL, Senin (17/02).

SAKIP merupakan katalisator terciptanya efisiensi, efektif, ekonomis dan produktif melalui penguatan implementasi manajemen kinerja dan anggaran berbasis kinerja. Tahapan penerapan SAKIP dimulai dengan menetapkan sasaran strategis pada masing-masing instansi Pemerintah sesuai sasaran pembangunan Nasional, ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, kunci dalam membangun SAKIP yang baik demi mewujudkan tujuan/sasaran yang berorientasi pada hasil adalah terletak pada perencanaan yang fokus, pelaksanaan terkoneksi, target kinerja yang jelas dan hasil nyata bagi masyarakat.

Dari hasil evaluasi SAKIP Tahun 2019 yang dikeluarkan oleh Kementerian PAN dan RB, Provinsi Sumatera Utara memperoleh nilai B tentunya nilai ini Belum memenuhi ekspetasi saya, dimana kita masih jauh tertinggal dari Provinsi lainnya, lanjutnya.

Untuk meningkatkan pencapaian nilai SAKIP harus adanya integrasi Aplikasi system informasi perencanaan, penganggaran dan manajemen kinerja sehingga dapat lebih optimal dalam melakukan monitoring dan evaluasi kinerja dan data yang dihasilkan dapat dipergunakan untuk penyusunan laporan kinerja. (IP)

Berita Terkait

Indeks Berita

Polling

Apakah Dinas Komunikasi dan Informatika telah cukup memberikan informasi kepada publik
 Lumayan
 Kurang
 Sangat Bagus

Video

Fasilitas Cuci Tangan dari USAID untuk Masyarakat Medan

Tag

Statistik

Hari Ini : 482
Kemarin : 481
Minggu ini : 1,462
Bulan ini : 91,350
Total : 5,106,934
Hits Count : 3,413
Now Online : 5 User