Pemprov Sumut Canangkan Gerakan 1 Juta Biopori

17 Januari 2020 21:58:15 WIB
Pemprov Sumut Canangkan Gerakan 1 Juta Biopori

DELISERDANG

Setelah mendeklarasikan Medan Bebas Banjir Tahun 2022 bersama ribuan warga Medan dan sekitarnya pada Desember 2019, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut kini bergerak cepat mengambil tindakan untuk mewujudkan komitmen tersebut.

Salah satunya, melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumut, Pemprov Sumut mencanangkan gerakan Satu Juta Biopori, pencanangan penanaman vetiver (tanaman pencegah longsor), dan penataan model tanaman penghijauan. Pencanangan dihadiri Gubernur Sumut Edy Rahmayadi di Markas BPBD Jalan Medan-Binjai, Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deliserdang, Jumat (17/1).

Pencanangan Satu Juta Biopori ini tentunya membantu menyerap dan menyimpan air di dalam tanah. Salah satu upaya yang bisa kita lakukan untuk mencegah banjir di masa depan. Dengan demikian, cita-cita kita mewujudkan Medan Bebas Banjir pada Tahun 2022 bisa terwujud, ujar Gubernur.

Langkah pencanangan Satu Juta Biopori dan penanaman vetiver diapresiasi Gubernur. Apalagi, sepanjang Tahun 2019 lalu, bencana yang terjadi di wilayah Provinsi Sumut sebanyak 80% merupakan bencana hidrometeorologi seperti banjir, angin puting beliung, dan tanah longsor. Jadi, pencanangan ini dipandang sangat relevan dan dibutuhkan.

Untuk itu, saya imbau kepada seluruh pemerintah daerah kabupaten/kota khususnya Medan dan sekitar agar turut menyukseskan gerakan satu juta biopori. Dimulai dari rumah-rumah. Begitu pula dengan membudidayakan tanaman vetiver khususnya daerah-daerah rawan longsor, karena tanaman ini memang juga sudah diimbau oleh Presiden Jokowi untuk dibudidayakan, jelas Edy Rahmayadi.

Saat itu, Edy kembali mengingatkan untuk menjaga kebersihan, dimulai dengan bertanggung jawab terhadap sampah masing-masing. Misalnya, sampah rumah tangga agar dikelola dengan benar dimulai dari rumah. Menerapkan prinsip 3R yakni reuse, reduce, recycle.

Kepala BPBD Sumut Riadil Akhir Lubis menjelaskan bahwa pencanangan Satu Juta Biopori dan penanaman vetiver merupakan langkah untuk mewujudkan Medan Bebas Banjir 2022 dan penanggulangan banjir Sumut secara umum.

Sumber : Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu

Berita Terkait

Indeks Berita

Polling

Apakah Dinas Komunikasi dan Informatika telah cukup memberikan informasi kepada publik
 Lumayan
 Kurang
 Sangat Bagus

Video

Fasilitas Cuci Tangan dari USAID untuk Masyarakat Medan

Tag

Statistik

Hari Ini : 28
Kemarin : 500
Minggu ini : 1,507
Bulan ini : 91,395
Total : 5,107,264
Hits Count : 130
Now Online : 8 User