Lagu O Tano Batak Tandai Penutupan Festival Danau Toba (FDT) 2019

13 Desember 2019 09:08:17 WIB
Lagu O Tano Batak Tandai Penutupan Festival Danau Toba (FDT) 2019

SIMALUNGUN

Kumandang Lagu O Tano Batak dinyanyikan bersama-sama menandai berakhirnya Festival Danau Toba Ke 7 Tahun 2019 di Open Stage Parapat Kelurahan Tiga Raja Kabupaten Simalungun. Kamis (12/12).

Syair lagu ini disajikan untuk mengingatkan kita akan kampung halaman (bona pasogit/bona ni pinasa) di Tano Batak, tanah leluhur, tanah asal muasal Suku Batak (Bangso Batak) dinyanyikan sebagai pelepas rindu (pasombo sihol).

Gubernur Sumatera Utara di wakili Kepala Dinas Parawisata Provinsi Sumatera Utara dr. Ria Telaumbanua mengatakan mengatakan tema FDT tahun ini "Inspiring Toba" yakni untuk memberikan ide-ide pengembangan pariwisata Danau Toba dari kearifan lokal seluruh etnis yang ada di Sumatera Utara.

Selama pelaksanaan FDT 2019 mulai tanggal 8 sd 12 Desember 2019 berbagai kegiatan telah dilaksanakan diantaranya Lomba Lari 10 K, Lomba Solubolon, Lomba Vocal Group, Lomba Ucok Butet, Lomba Fotografi dan lomba paduan suara dimana telah menghasilkan 3 pemenang terbaik dari semua jenis perlombaan. Ria berharap even tahunan ini nantinya bisa lebih dikenalkan secara luas bukan saja tingkat nasional tetapi tingkat internasional.

Pada FDT 2019 ini juga Pemerintah Provinsi Sumatera Utara melalui Dinas Kebudayaan dan Parawisata Provinsi Sumatera Utara mendapatkan penghargaan Rekor Muri Kategori Seni Melipat Kain Bulang Sulappei dengan peserta terbanyak yakni berjumlah 1.024 orang yang diserahkan oleh J. Ngadri Selaku Senior Manager Yayasan Institut Prestasi Nusantara.

Selaku Ketua Panitia Ria mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada Kabupaten/Kota (Kab. Simalungun, Kota Pematang Siantar, Kab. Nias, Kota Medan, Kota Binjai, Kab. Mandailing Natal, Kab. Tobasa, Kab. Tapanuli Tengah , Kab, Labura, Kabupaten Dairi, Kab, Serdang Bedagai, Kota Sibolga, Kab Karo, Kota Depok dan Disbudpora Kota Bekasi yang telah mengisi acara dengan menampilkan tim kesenian daerahnya dan stakeholder yang telah mendukung rangkaian kegiatan pada festival Danau Toba Ini.

Acara turut dihadiri Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara Viktor Silaen, Tuani Lumban Tobing, Saut Bangkit Purba, Gusmiyadi, Sumihar Sagala. Direktur Akpar ULCLA Kab. Tarutung DR. Miduk Purba.

 

 

Berita Terkait

Indeks Berita

Polling

Apakah Dinas Komunikasi dan Informatika telah cukup memberikan informasi kepada publik
 Lumayan
 Kurang
 Sangat Bagus

Video

Selamat Idul Adha 1441 Hijriah

Tag

Statistik

Hari Ini : 471
Kemarin : 438
Minggu ini : 472
Bulan ini : 90,360
Total : 5,099,910
Hits Count : 3,664
Now Online : 7 User