Gubsu :Penanganan PMKS Khususnya Kesejahteraan Anak Perlu Dijadikan Prioritas Pemerintah

12 Agustus 2019 15:18:20 WIB
Gubsu :Penanganan PMKS Khususnya Kesejahteraan Anak Perlu Dijadikan Prioritas Pemerintah

Medan,

Bidang kesejahteraan sosial merupakan salah satu program pembangunan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara yang memiliki penekanan pada upaya untuk memberikan pelayanan sosial terhadap golongan masyarakat yang belum beruntung karena adanya keterbatasan dalam diri pribadi, keluarga atau kelompok seperti fakir miskin, anak terlantar, gelandangan, pengemis, korban bencana alam dan sosial, penyandang disabilitas serta kelompok masyarakat yang belum beruntung. Pembangunan kesejahteraan sosial telah menunjukkan banyak kemajuan dalam upaya memberikan pelayanan sosial terhadap masyarakat yang dikategorikan sebagai Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS).

Hal tersebut dikatakan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi  pada pidato pengarahan, melalui Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Provinsi Sumatera Utara (Provsu) Dedi Irawan, ST pada Apel Pagi di lingkungan Dinas Kominfo Provsu bertempat di halaman Kantor Dinas Kominfo Provsu Jalan H. M. Said Medan, Senin (12/08).

Edy Rahmayadi menambahkan “Sampai saat ini masih banyak PMKS yang belum terjangkau oleh pelayanan sosial secara maksimal. Hal tersebut disebabkan beberapa hal antara lain rendahnya keterlibatan atau partisipasi pilar-pilar masyarakat sebagai bagian potensi dan sumber kesejahteraan sosial serta munculnya PMKS baru sebagai konsekuensi dari kondisi makro ekonomi dan kemajuan teknologi yang menyebabkan mereka tertinggal dalam proses pembangunan”, ujarnya.

Sejalan dengan prioritas pembangunan SDM pemerintah pada masa mendatang maka salah satu komunitas PMKS yang saat ini perlu perhatian secara khusus adalah kesejahteraan anak. “Kita menyadari sepenuhnya bahwa dalam rangka menyiapkan generasi penerus bangsa, anak merupakan asset utama. Anak adalah tunas muda dan harapan sebagai penerus cita-cita bangsa. Tumbuh kembangnya anak sejak dini menjadi tanggung jawab semua pihak, baik keluarga, masyarakat dan pemerintah”, tambah Edy Rahmayadi.

Kesejahteran anak menyentuh berbagai aspek yang luas dan kompleks sehingga didalam penanganan dan pengaturannya memerlukan keterpaduan yang bersifat interdisipliner dengan keterlibatan sebagai instansi pemerintah dan masyarakat. Permasalahan anak juga merupakan muara dari kemiskinan yang mendera kehidupan berbagai lapisan masyarakat.

Dari sudut pandang pelayanan kesejahteraan sosial terhadap anak menempatkan keluarga sebagai basis dan sarana utama. Sedangkan peranan sekolah dan lingkungan sosial adalah sebagai sarana pemantapan kecerdasan, watak dan kepribadian dalam mengarungi kehidupan bermasyarakat.

Oleh karena itu diakhir arahannya Edy Rahmayadi mengimbau agar seluruh Organisasi Perangkat Daerah Pemerintah Provinsi Sumatera Utara secara partial ataupun terintegrasi membangun sinergi program-program yang berorientasi pada pemberantasan kemiskinan yang dialami sebagian warga masyarakat Sumatera Utara. (IP)

Berita Terkait

Indeks Berita

Polling

Apakah Dinas Komunikasi dan Informatika telah cukup memberikan informasi kepada publik
 Lumayan
 Kurang
 Sangat Bagus

Video

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi Memperingati Hari Anti Narkotika Internasional (HANI)

Tag

Statistik

Hari Ini : 516
Kemarin : 545
Minggu ini : 2,875
Bulan ini : 114,646
Total : 4,189,545
Hits Count : 2,971
Now Online : 4 User