Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Utara Melaksanakan Mimbar Agama Islam

05 Juli 2019 14:45:52 WIB
Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Utara Melaksanakan Mimbar Agama Islam

Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Utara Melaksanakan Mimbar Agama Islam
Pelaksanaan mimbar agama yang mengangkat tema "Manfat Melaksanakan Dzikir" diawali pembacaan ayat suci Alquran oleh H. Muhammad Syafii dan saritilawah oleh Suariani di Studio TVRI Sumatera Utara (Jumat 5/7/2019)

Mimbar ini menghadirkan narasumber Syekh H. Aspil Al Qodry mengatakan secara bahasa dzikir memiliki arti menyebut, mengingat atau berdoa. Dalam agama Islam dzikir sering didefinisikan dengan menyebut atau mengingat Allah dengan lisan melalui kalimat-kalimat thayyibah.

 Zikir terbagi menjadi 2 yakni pertama menyanjung Allah seperti mengucapkan “subhanallah wal hamdulillah wa laa ilaha illallah wallahu akbar”, “subhanallah wa bihamdih”, “laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lah lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai-in qodiir”. Zikir kedua dengan mengingat perintah, larangan dan hukum Allah yakni mengingat perintah dan larangan Allah, apa yang Allah cintai dan apa yang Allah murkai. " Kita diperintahkan untuk berdzikir kepada Allah untuk selalu mengingat akan kekuasaan dan kebesaranNya sehingga kita bisa terhindar dari penyakit sombong dan takabbur". Jelasnya.

 Al Ustadz asal Purba Barus ini mengatakan manfaat zikir yang disebutkan dalam Al-Quran yakni memberi keyakinan dan keteguhan hati, Allah memberikan jaminan bahwa hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tentram dan tenang, dengan mengingat Allah/menyebut nama Allah, Allah memberikan mereka ampunan dan pahala, 

Mimbar ini turut dihadiri mahasiswa dan mahasiswi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Sumatera Utara

Berita Terkait

Indeks Berita

Polling

Apakah Dinas Komunikasi dan Informatika telah cukup memberikan informasi kepada publik
 Lumayan
 Kurang
 Sangat Bagus

Video

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi Memperingati Hari Anti Narkotika Internasional (HANI)

Tag

Statistik

Hari Ini : 477
Kemarin : 635
Minggu ini : 1,754
Bulan ini : 93,779
Total : 4,071,754
Hits Count : 4,793
Now Online : 16 User