HARGANAS KE XXVI TAHUN 2019 : HARI KELUARGA, HARI KITA SEMUA

01 Juli 2019 13:00:34 WIB
HARGANAS KE XXVI TAHUN 2019 : HARI KELUARGA, HARI KITA SEMUA

Medan,

Peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) merupakan ajang untuk menggelorakan dan mensosialisasikan Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) untuk mewujudkan bangsa Indonesia yang berkarakter dan sejahtera. Sesuai dengan Surat Keputusan Presiden RI No. 39 Tahun 2014 tentang Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) yang diselenggarakan setiap tanggal 29 Juni. Harganas dimaksudkan untuk mengingatkan pada seluruh masyarakat Indonesia akan pentingnya keluarga sebagai sumber kekuatan untuk membangun bangsa dan negara.

Apel pagi hari ini secara serentak dilaksanakan di seluruh pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia melaksanakan upacara dalam rangka peringatan HARGANAS ke XXVI Tahun 2019.
Hal ini disampaikan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi melalui Kepala Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Provinsi Sumatera Utara (Provsu) Abdul Aziz, S.Sos, M.AP pada apel pagi di halaman Kantor Dinas Kominfo Provsu yang diikuti Pejabat Struktural, Pejabat Pengawas, Staf dan Tenaga Pendukung, Senin (01/07).

Peringatan HARGANAS ke XXVI tahun ini mengambil tema “ Hari Keluarga, Hari Kita Semua dan slogan “ Cinta Keluarga, Cinta Terencana”
“Dengan tema dan slogan tersebut, maka peringatan HARGANAS diharapkan dapat dijadikan sebagai momentum dan pemacu bagi keluarga Indonesia terlebih masyarakat Sumatera Utara untuk terus menerus berupaya meningkatkan ketahanan dan kesejahteraan keluarga agar dapat menghasilkan generasi yang berkualitas” ujar Gubsu.

Gusu juga menambahkan bahwa dalam keluarga dibentuk karakter anak dan anggota keluarga sebagai generasi penerus bangsa. Oleh karena itu diterapkan 8 (delapan) fungsi keluarga dalam setiap keluarga. Adapun delapan fungsi keluarga tersebut adalah: (1) fungsi agama, (2) fungsi cinta kasih, (3) fungsi perlindungan, (4) fungsi ekonomi, (5) fungsi Pendidikan, (6) fungsi reproduksi, (7) fungsi sosial budaya, serta yang ke (8) adalah fungsi lingkungan. Melalui 8 (delapan) fungsi keluarga bila diimplementasikan niscaya akan tumbuh anak bangsa Indonesia yang memiliki karakter kuat dan kepribadian terpuji apalagi dalam situasi dan kondisi yang serba transparan saat ini.

Peringatan HARGANAS tahun ini mengedepankan keikutsertaan keluarga dan mencerminkan penerapan 4 (empat) pendekatan ketahanan keluarga yaitu : (1) keluarga berkumpul (reuniting), (2) keluarga berinteraksi (interacting), (3) keluarga berdaya (empowering), (4) keluarga peduli dan berbagi (sharing and caring).

Diakhir arahannya Gubsu menambahkan salah satu kegiatan yang digalakkan dalam momentum HARGANAS XXVI Tahun 2019 adalah “ Gerakan Kembali Ke Meja Makan Dan Gerakan “Tidak Melihat Media Sosial Dan TV Pada Jam 18.00 Sampai Dengan 21.00 Atau Gerakan 1821” dengan maksud mulai jam 6 sore sampai dengan jam 9 malam anggota keluarga secara bersama-sama melakukan aktivitas yang mengarah pada nuansa kebersamaan.

Untuk itu, Gubsu mengajak seluruh masyarakat Sumatera Utara “sama-sama mendukung kedua gerakan tersebut guna mewujudkan terciptanya ketahanan keluarga. Kedua gerakan tersebut sudah dicoba, dibudayakan dan dilaksanakan di kota Padang Sumatera Barat yang insya ALLAH pada tahun 2020 menjadi tuan rumah HARGANAS ke XXVII”. (IP)

 

Berita Terkait

Indeks Berita

Polling

Apakah Dinas Komunikasi dan Informatika telah cukup memberikan informasi kepada publik
 Lumayan
 Kurang
 Sangat Bagus

Video

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi Memperingati Hari Anti Narkotika Internasional (HANI)

Tag

Statistik

Hari Ini : 490
Kemarin : 635
Minggu ini : 1,767
Bulan ini : 93,792
Total : 4,071,915
Hits Count : 4,954
Now Online : 9 User