Kadis Kominfo Provsu : Pentingnya C-SIRT di Provinsi Sumatera Utara

02 Mei 2019 10:50:09 WIB
Kadis Kominfo Provsu : Pentingnya C-SIRT di Provinsi Sumatera Utara

Medan,

Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) mendorong pembentukan Computer Security Incident Response Team (C-SIRT) di setiap instansi pemerintah untuk menanggulangi dan memulihkan insiden siber. Upaya ini dilakukan sebab di tengah perkembangan teknologi dan informasi, risiko ancaman keamanan informasi pun berkembang.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Provinsi Sumatera Utara (Provsu) Drs. H. Mhd. Fitriyus, SH, MSP pada acara Asistensi Computer Security Incident Response Team ( C-SIRT) Dan Vulnerability Assessment di Aula Transparansi Dinas Kominfo Provsu, Selasa (30/04).

Kadis Kominfo menambahkan bahwa Seksi Sandi Telekomunikasi dan Keamanan Informasi ada dalam struktur organisasi Dinas Kominfo Provsu pada tahun 2017.

“Pemerintah mengeluarkan payung hukum Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 133 tahun 2017 perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 53 tahun 2017. Sesuai dengan perkembangan teknologi informasi saat ini banyak sekali kejahatan dalam dunia internet atau yang disebut dengan Cyber Crime terutama dalam sistem E-Government maka perlu sebuah sistem pengamanan khusus dalam pemerintahan berbasis elektronik” ujarnya.

BSSN akan mengacu pada IDPRR ( Identify, Detect, Protect, Response and Recover) yang telah banyak diterapkan oleh negara maju sebagai lengkah preventif serangan siber.

Direktur Penanggulangan dan Pemulihan Pemerintah BSNN, Brigjen TNI Daddy Estoe W., S.I.P., M.Si sebagai narasumber menjelaskan tujuan dan program dari kunjungan Tim BSSN ke Dinas Kominfo Provsu adalah untuk mendorong dibentuknya Computer Security Incident Response Team ( C-SIRT) di Provinsi Sumatera Utara.

Beliau berharap dengan adanya C-SIRT di Provinsi Sumatera Utara nantinya akan diisi oleh orang-orang (sumber daya manusia) yang memiliki kemampuan untuk dapat mencegah dan mendeteksi Insiden/serangan siber dengan cepat dan tepat. Tim ini juga di harap dapat dengan segera memulihkan layanan dampak dari serangan siber.

Selanjutnya Staf teknis BSSN Restiati menyampaikan bahwa sebelumnya (29/04) Tim Badan Siber dan Sandi Negara telah melaksanakan kegiatan Vulnerability Assesment pada aplikasi websitehttp:/diskominfo.sumutprov.go.id. Tim BSSN melakukan pemeriksaan kerentanan pada aplikasi website diskominfo yang dilaksanakan didepan Kepala Seksi Sandi Telekomunikasi dan Keamanan Informasi, Kasi Tata kelola Egoverment dan para Tenaga Pendukung sehingga langsung dapat ditangani bersama-sama.

Sebelum penutupan acara dilakukan Penandatangan Surat Pernyataan Perjanjian Kerahasiaan (Non Disclosure Agreement) antara BSSN dan Diskominfo Provsu.
Turut hadir dalam acara ini Aparatur Sipil Negara, Tenaga Pendukung dilingkungan Dinas Kominfo Provsu Diskominfo Provsu dan Tim Teknis BSSN.(IP)

 

Berita Terkait

Indeks Berita

Polling

Apakah Dinas Komunikasi dan Informatika telah cukup memberikan informasi kepada publik
 Lumayan
 Kurang
 Sangat Bagus

Video

9 Kepala Daerah Sumut Teken Komitmen dengan KPK

Tag

Statistik

Hari Ini : 171
Kemarin : 392
Minggu ini : 171
Bulan ini : 64,734
Total : 3,869,271
Hits Count : 1,172
Now Online : 7 User