Kadis Kominfo Menghadiri Pelantikan APIC Chapter Sumatera

29 April 2019 12:51:25 WIB
Kadis Kominfo Menghadiri Pelantikan APIC Chapter Sumatera

Medan,

Pemerintah memprediksi pada 2035 sekitar 67% penduduk Indonesia akan berada di kota. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), pertumbuhan penduduk bisa lebih cepat sehingga pengembangan kota cerdas sangat dibutuhkan. Karena itu dalam kurun 27 tahun ke depan Indonesia diharapkan bisa memiliki 100 kota berkelanjutan yang punya tiga indikator, yaitu sebagai kota layak huni, kota hijau, dan kota cerdas yang berdaya saing.

Hal tersebut dikatakan wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Musa Rajekshah pada kata sambutan yang disampaikan oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Provinsi Sumatera Utara (Provsu) Drs. H. Mhd. Fitriyus, SH, MSP pada acara Pelantikan APIC Chapter Sumatera dan Knowledge Sharing dengan tema “Peran APIC Membangun Indonesia Cerdas” di Hotel Saka Medan, Minggu (28/04).

APIC Chapter Sumatera ialah Asosiasi yang memiliki visi “menjadi organisasi yang memprakarsai dan mewujudkan pembangunan Indonesia cerdas dan beranggotakan dari akademisi, private sector bidang TIK, praktisi TIK, pemerintah, media dan umum.

Ketua umum APIC Prof. DR. Suhono Harso, M. ENG sebagai narasumber menyampaikan Asosiasi Prakarsa Indonesia Cerdas (APIC) lahir dari embrio Forum Smart Indonesia Initiatives. Komunitas ini menghelat Forum Smart City Ke-2 pada tanggal 20-21 Juli 2016 di Surabaya. Bertempat di Kota Pahlawan, 21 Juli 2016 APIC dideklarasikan.

“APIC memandang perlu sebuah ekosistem yang terdiri dari sumberdaya manusia, tata kelola, dan teknologi yang mencukupi, sangat dibutuhkan untuk mewujudkan desa, kabupaten, kota, dan provinsi cerdas. APIC terdiri dari sepuluh Kompartemen seperti Smart Healthcare, Smart Citizen, Smart Safety, Security dan Mitigation, Kompartemen Smart Tourism and Cilture, Kompartemen Smart Regulasi dan hukum, Kompartemen Smart Infrastructure, Kompartemen Smart Energy and environment, Kompartemen Smart Industry and Economy, Kompartemen Smart Transport mobility dan logistic serta Kompartemen Smart Modal, Standar, Arsitektur dan Teknologi” tambah Suhono Harso.

Fitriyus berharap dengan adanya APIC Chapter Sumatera dapat mendukung program-program pemerintah serta dapat membantu pemerintah dalam mewujudkan smart city di Indonesia secara lebih efektif dan tepat guna dengan tetap mendukung pertumbuhan industri yang terkait di dalamnya. “dengan catatan tetap harus ada regulasinya”.

Sebelum acara berakhir Suhono Harso mempromosikan karya anggota APIC baik dalam bentuk ide atau pun dalam bentuk produk siap diimplementasikan. Selain itu beliau berharap dapat terjalin hubungan yang sinergis antara semua stakeholder agar cita-cita pembangunan Indonesia dapat tercapai.

Turut hadir dalam acara ini Kadis Kominfo Kabupaten/Kota, Pengurus APIC Pusat dan Chapter Sumatera. (IP)

Berita Terkait

Indeks Berita

Polling

Apakah Dinas Komunikasi dan Informatika telah cukup memberikan informasi kepada publik
 Lumayan
 Kurang
 Sangat Bagus

Video

9 Kepala Daerah Sumut Teken Komitmen dengan KPK

Tag

Statistik

Hari Ini : 159
Kemarin : 392
Minggu ini : 159
Bulan ini : 64,722
Total : 3,869,056
Hits Count : 957
Now Online : 5 User